KOPI, KEHIDUPAN DAN RUMAH TANGGA

 

Perjalanan kopi hingga akhirnya terseduh dalam satu cangkir tidaklah melalui proses yang instan. Dari biji kopi yang dihaluskan lalu dibuat dalam bentuk bubuk, hingga kemudian menjadi minuman yang nikmat membutuhkan proses yang butuh kesabaran.

 

“Jalanilah kehidupan seperti menikmati secangkir kopi, minumlah secara perlahan dan nikmatilah semua yang dapat di nikmati, maka anda akan mengetahui apa yang sedang terjadi.”

 

Bahkan, beda tangan akan menghasilkan beda cita rasa. Kopi pun memiliki beragam jenis yang bisa menghasilkan cita rasa serta kenikmatan yang berbeda-beda dan itulah keunikan kopi.

 

Dari keunikan itu banyak hal yang bisa dipelajari tentang kehidupan. Layaknya kopi, manusia pun memiliki keunikannya masing-masing. Kita tak bisa menyamaratakan semua manusia. Kita harus mampu menghargai disetiap perbedaan yang ada.

 

“kopi tidak pernah memilih siapa yang layak menikmatinya. karena dihadapan kopi kita semua sama.”

 

Semua orang mengetahui kopi itu pahit, hitam warnanya. Banyak orang menganggap pernikahan itu pahit, lebih banyak masalahnya. Karena mereka hanya melihat rumah tangga itu hanyalah berbentuk kopi bubuk yang pahit.

 

Rasa dari kopi itu sendiri hal yang paling utama, namun takarannya tidak selalu pas. Kadang manisnya lebih terasa, suatu waktu rasa pahitnya lebih dominan. Jangan dihindari, nikmati saja sehingga suatu saat anda akan terbiasa.

 

“Ketika rumah tangga anda sudah menjadi bagian dari diri anda, percayalah tidak akan ada lagi kenikmatan lain diluar sana”.

 

Biasanya para peminum kopi adalah orang-orang yang terlatih menakar kehidupan. Istri memasak airnya, suami baristanya. Dibutuhkan kerjasama yang cermat mulai dari proses hingga hasil akhir.

 

Orang lain hanya boleh melihat asap yang mengepul dan aroma yang wangi tanpa perlu tahu bagaimana berantakannya dapur anda.

 

Janganlah melampiaskan pada siapapun urusan rumah tangga bahkan ke orang-orang terdekat anda.”

 

Ada kala peminum kopi mencampurkan krimmer, susu atau gula untuk menambah rasa gurih dan manis. Anda akan mengalami sensasi perubahan rasa.

 

“Tiap rasa yang diseruput dari secangkir kopi, akan mengajarkan anda pada beragam kisah yang sedang dijalani dan akan ditemui dalam kehidupan.”

 

Begitupun dengan kehidupan rumah tangga, kadangkala ada pihak ke tiga yang mencampuri, otomatis menambah gurih, tapi bisa jadi sebaliknya. Sama seperti kopi, jika terlalu banyak krimmer, susu atau gula maka akan berpotensi mengurangi kenikmatan.

 

Berumah tangga itu ibarat minum kopi…  tentunya tidak akan ada yang sudi jika ada yang mencoba mengaduk kopi digelas istri / suami anda.

 

Tapi sebaiknya kembalikan juga pada diri anda, apakah anda yakin tidak pernah menikmati adukan kopi dari orang lain?

 

“Jangan sepelekan selingkuh-selingkuh kecil, karena ini adalah awal pengkhianatan dalam rumah tangga.”

 

Tanaman kopi dihasilkan dari berbagai tempat. Beda tempat akan menghasilkan jenis biji kopi yang berbeda serta kenikmatannya masing-masing.

 

Kembali pada selera penikmatnya, lebih suka jenis kopi yang seperti apa. Begitulah kehidupan, setiap manusia memiliki jalan hidupnya masing-masing.

 

“Bagi orang lain bisa jadi hidup kita terasa ringan, namun bagi kita, terlihat sangat menyedihkan. “

 

“Bagi kita masalah rumah tangga orang lain terlihat begitu indah, sedangkan bagi mereka yang menjalaninya merasa begitu berat. “

 

Semua kembali pada sudut pandang dan cara anda menjalaninya.