MAU JADI BOSS ATAU PEMIMPIN?

Profesional/Usaha/Bisnis

 

Banyak orang yang salah kaprah dengan istilah Boss atau Pemimpin. Di dunia pekerjaan / bisnis, Boss adalah seseorang yang berhak / mempunyai wewenang dan berkuasa dalam memerintahkan suatu pekerjaan kepada karyawan / bawahannya.

 

Pada umumnya boss tidak mengenal bawahannya dengan baik. Dalam bidang bisnis boss biasanya memegang prinsip kewenangan dalam segi struktural. Maka dari itu boss biasanya mempunyai karakter yang kaku sehingga kerap menciptakan suasana sebuah pekerjaan menjadi menakutkan, kecemasan, keraguan dan ketidaknyamanan.

 

Seorang boss biasanya akan langsung memakai cara pendek untuk menyelesaikan suatu masalah jika terjadi kesalahan atas perintahnya. Misalnya dengan cara memarahi, memaki bahkan memecatnya tanpa mendengarkan apa kendala atau sebab dari sebuah pemasalahan yang dihadapi oleh bawahan / karyawannya.

 

Tapi apakah seorang boss bisa menjadi pemimimpin? Belum tentu!

Seorang boss yang memberi perintah tanpa menjelaskan alasan, mengarahkan, mengajarkan, membimbing terhadap orang yang diperintahkannya bukanlah seorang pemimpin.

Pemimpin itu…

 

Seseorang yang mempunyai integritas…

 

Kepercayaan dan kebenaran adalah hal terpenting untuk menjadi seorang pemimpin.

 

Seseorang yang menempatkan dirinya sebagai partner / rekan kerja yang sejajar dalam usaha atau kepada anggota grup dan turut memberikan dorongan / support dan memperlihatkan contoh agar mereka semua dapat mengembangkan potensi dibidangnya masing-masing.

 

Seseorang yang mempunyai kehangatan dan ketenangan…

 

Kepribadian seseorang mudah tertular. Mempunyai karakter yang tenang adalah seorang pemimpin yang dapat memutuskan suatu keputusan yang berkualitas dan bijaksana.

 

Dan untuk meyempurnakan seorang pemimpin adalah dengan ketegasan dan keadilan.

 

Jadi anda mau jadi boss atau pemimpin, itu adalah pilihan yang tidak terlalu sulit khan……

 

Perkawinan/ rumah tangga/ keluarga

 

Bagaimana dengan kehidupan keluarga/ rumah tangga? Apakah ada boss atau pemimpin? Tentu saja ada!

 

Lain halnya dalam bidang professional yang pada umumnya terdapat satu (1) boss dan beberapa pimpinan untuk mengepalai beberapa bagian divisi. Dalam keluarga, sifatnya jauh lebih sederhana.

 

Pada umumnya, seorang laki-laki / suami sejogjanya diharapkan menjadi pemimpin dalam suatu hubungan keluarga terlebih dalam suatu ikatan  perkawinan yaitu suami dan istri.

 

Pemimpin dalam rumah tangga itu…

 

Seorang suami / ayah yang mempunyai sikap. Seseorang yang kuat dan tegar dalam bertarung dengan semua masalah dan tantangan, Sehingga anggota keluarganya selalu dapat berlindung dibaliknya.

 

Seseorang yang tidak suka mengeluh, tidak menyimpan amarah, mengambil keputusan berdasarkan kepentingan bersama dan bekerja keras lebih banyak daripada istri.

Seseorang yang dapat menunjukkan bahwa ia dapat melakukan segala hal dalam rumah tangga. Mampu mencari nafkah, mengurus anak, membersihkan rumah dan lain-lain.

 

Seseorang yang hanya memberi perintah atau nasehat cukup satu (1) kali saja kepada istri dan anak. Karena pada dasarnya, tidak ada orang yang mau diperintah. Menjadikan kosekuensi yang positif untuk istri dan anak adalah pemimpin keluarga yang bijaksana.

 

Dalam kehidupan pernikahan, tidak disarankan adanya boss. Adanya posisi boss hanyalah memicu konflik yang menyebabkan perceraian.

 

Keutuhan kehidupan berkeluarga, tidak hanya cukup dengan membaca buku atau berteori yang indah-indah melainkan dengan menerapkan sebuah komitmen mutual respect dan mutual understanding

 

So, mau jadi boss atau pemimpin di keluarga? atau menjadi seorang kepala keluarga yang disegani, dicintai dan disayangi keluarga. Semuanya tergantung pilihan anda pribadi…… 😃